Selamat membaca
PERAN DAN KARAKTERISTIK LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) DALAM PENYEBARAN INFRMASI
semoga bermanfaat

DONASI THIS BLOG

Text

Labels

SPONSOR

Blogger news

Translation

translation services

DONATION FOR BLOG

Diberdayakan oleh Blogger.

PERAN DAN KARAKTERISTIK LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) DALAM PENYEBARAN INFRMASI

PERAN DAN KARAKTERISTIK LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) DALAM PENYEBARAN INFRMASI

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latarbelakang Masalah
Memperhatikan percaturan sosial dan politik di Indonesia pada akhir abad ke-21 ini kiranya kita tidak dapat mengabaikan peranan yang dimainkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).  Mulai bermunculan pada awal tahun 1970-an --kecuali hanya beberapa kekecualian—kini LSM hadir dalam setiap bidang kehidupan dan dalam beberapa kasus menjadi penggerak utama perubahan di dalamnya. Kalau kita amati Peranan LSM tersebut adalah melakukan apa yang tidak dilakukan oleh pemerintah –yang selama ini menjadi pengendali perubahan dalam skala besar—atau melakukan hal yang sama dengan pemerintah tetapi dengan cara yang berbeda. Lalu apakah peran sebenarnya peran LSM itu?
Namun demikian, terlepas dari apapun peranan mereka, yang jelas  dalam periode sepuluh sampai limabelas tahun terakhir ini telah sangat banyak bermunculan LSM di Indonesia. LSM tidak hanya menawarkan jalan alternatif yang praktis untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat pembangunan sosial dan ekonomi, tetapi juga kegiatan yang bersifat penyadaran dan pembelaan kepentingan umum. Mereka semua berharap dapat  memberdayakan masyarakat dalam berhadapan dengan kekuatan besar pemerintah dan  bisnis swasta. Tetapi ada pula LSM yang bergerak dalam bidang-bidang yang sesungguhnya merupakan kepentingan semua orang, seperti lingkungan hidup dan hak konsumen
Untuk mengapresiasi peranan LSM ini kami melihat adanya keperluan untuk memetakan kehadiran mereka di seluruh wilayah Indonesia, yang memuat informasi antara lain tentang alamat, kegiatan dan sumber pendanaan mereka. Informasi tentang hal itu dapat mencerminkan kekuatan LSM sebagai “sektor ketiga” ini –di samping pemerintah dan swasta— walaupun sangat sulit untuk mengetahui jumlah mereka secara pasti. Hal ini berkaitan dengan kenyataan bahwa mendirikan sebuah LSM tidaklah terlalu sulit, yakni sejauh seseorang sudah memiliki semangat dan sedikit pengetahuan tentang bidang ini. Lain halnya dengan mempertahankannya agar tetap hidup dan memiliki aktivitas. Justru karena kesulitan untuk mempertahankan lembaga-lembaga semacam ini –karena berbagai sebab, dari ditinggalkan oleh para aktivisnya sampai hilangnya kepercayaan pemberi dana— maka banyak LSM yang tidak mampu bertahan lama. Sifat mereka yang mudah muncul dan mudah tenggelam inilah yang antara lain membuat penghitungan secara pasti sulit untuk dilakukan. Menentukan apakah sebuah organisasi merupakan LSM atau bukan yang menyangkut masalah definisi kerja— adalah persoalan yang juga mempersulit penghitungan tersebut, sehingga dalam penyebaran  informasi maupun pelayanan masyarakat menjadi terkesampingkan.         
B.   Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas timbul banyak pertanyaan. apa sebenrnya lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) itu? sehingga masyarakat dapat menyimpulkan bahwa peran dan karakteristik lembaga swadaya masyarakat (LSM) dalam penyebaran informasi dibutuhkan? Andai memang benar-bener dibutuhkan keberadaannya, bagaiman Tanggapan LSM tersebut, sehingga tercipta Komunikasi Informasi yang baik?.

C. Batasan Masalah
Bukanlah hal yang mudah untuk menjawab berbagai pertanyaan diatas karena membutuhkan banyak keterangan masyarakat maupun lembga-lembaga terkait. Karena keterbatasan informasi dan waktu, makalah ini hanya akan memberikan sedikit gambaran tenteng peran dan karakteristik lembaga swadaya masyarakat (LSM) dalam penyebaran informasi

D.   Rumusan Masalah
Makalah ini akan menjawab berbagaipertanyaan yang timbul dari identifikasi masalah di atas, antara lain: apa sebenarnya LSM itu? seperti apa karakteristiknya?, dimana kita dapat menemukannya?, siapa saja yang terlibat didalamnya?,  mengapa LSM itu ada? Apa perannya dalam penyebaran Informasi? Bagaiman dampaknya dikalangan masyarakat?

E.    Tujuan Penulisan Makalah
Makalah ini disusun dengan banyak tujuan. salah satunya, agar dapat menambah pengetahuan saya, pembaca, dan masyarakat umum, mengenai peran dan karakteristik lembaga swadaya masyarakat (LSM) dalam penyebaran infrmasi, sehingga kita bisa memanfaatkan keberadaannya dengan sebaik-baiknya. Tujuan lainnya adalah supaya masyarakat bisabekerjasama dengan baik sehingga informasi yang dikaji oleh LSM bisa membawa keuntungan kedua belah pihak.



Sumber : http://afzanuin.multiply.com/

0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Popular Posts

TRAFFICT

Judul widget rightbar

Label

Tag Cloud Comulus Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
Template Oleh trikmudahseo